Workshop Jurnalistik Provinsi Aceh, Ajang Menumbuhkembangkan Potensi Jurnalis Muda

by -61 views

BANDA ACEH – Kakanwil Kemenag Propinsi Aceh, Drs. H.M. Daud Pakeh, resmi membuka acara Workshop Jurnalistik Bagi Siswa Madrasah Aliyah se-provinsi Aceh Tahun 2019 pada Kamis (31/10). Event yang dilaksanakan setiap tahun ini bertempat di Aula Hotel Oasis, Jl. Tengku Imuem Lueng Bata, Kecamatan Lueng Bata Kota Banda Aceh.

Kegiatan tersebut mengangkat tema “Open The World With Your Creativity”. Diikuti oleh 40 siswa/i duta jurnalis dari setiap Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh, masing-masing 1 peserta dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) serta 1 peserta dari Madrasah Aliyah Swasta (MAS), mulai tanggal 31 Oktober 2019 – 02 November 2019.

Workshop ini dilaksanakan guna membidik jurnalis muda yang kompeten dan memiliki daya saing tinggi. Nantinya ke-40 peserta akan disaring dan dipilih 1 peserta terbaik untuk menemani Kakanwil Kemenag Aceh dalam event nasional.

Kemenag Kota Lhokseumawe turut mengirimkan 2 orang duta jurnalistik. Kedua peserta tersebut berasal dari MAN Kota Lhokseumawe, yakni Firya Faiza dan Wasliyatul Hasanah. Mereka berdua mendapatkan bimbingan berupa seminar hingga studi lapangan di Kantor Serambi Indonesia.

“Tidak menyangka sama sekali bahwa kami akan mengikuti acara ini, dikarenakan tidak adanya pemberitahuan sebelumnya. Namun, Alhamdulillah kami berdua telah aktif di portal website madrasah sebelumnya sehingga memiliki cukup bekal untuk mengikuti pelatihan”, pungkas kedua duta jurnalistik Kemenag Lhokseumawe itu.

Sang guru pembimbing, Fitria Winanda, S.Pd. turut memberi tanggapan. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik guna melatih kemampuan menulis dan mengasah bakat jurnalis siswa MAN Kota Lhokseumawe. Melalui bekal yang didapat dari kegiatan ini, mereka dapat semakin mengasah kemampuan menulis minimal mengenai fenomena yang terjadi di sekitar ruang lingkup madrasah.

Secara tidak langsung, kegiatan ini juga dapat memotivasi siswa untuk semakin gemar menulis. Harapannya, kegiatan menulis dapat menjadi kegiatan berkelanjutan dan tidak berhenti sampai disini saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *