Semangat Menyala, Siswa MAN Kota Lhokseumawe Berpartisipasi dalam Kegiatan Praktik Wudhu

by -76 views

 

sumber gambar: https://www.google.com/wajibbaca

LHOKSEUMAWE – (Yusra Putri Maulida) Sebelum melaksanakan ibadah, kita sebagai umat muslim dianjurkan untuk mensucikan diri dengan cara berwudhu. Berwudhu merupakan syarat utama sah ibadah, terutama ibadah shalat.

Siswa MAN Kota Lhokseumawe kelas X dan Xl mengikuti kegiatan bulan Ramadhan dengan praktik wudhu yang sudah terjadwal disetiap kelas. Kegiatan ini diadakan di Mushalla MAN Kota Lhokseumawe pada pukul 10.00 s.d. 11.30 WIB yang diarahkan oleh guru kelas masing-masing.

Nanda Masna, S.Pd.I, salah seorang guru yang membimbing kegiatan praktik wudhu mengatakan, “Praktik wudhu ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kadar kemampuan siswa dalam mempraktikkan tata cara berwudhu yang benar dan siswa juga dibimbing oleh setiap guru guna untuk memantau siswa yang masih keliru.”

Prosedur pelaksanaan kegiatan praktik wudhu ini diawali dengan sedikit penjelasan materi tentang rukun wudhu, sunnah wudhu, dan hal apa saja yang dapat membatalkan wudhu. Dalam hal ini, guru akan mengajukan pertanyaan kepada siswa guna untuk mengetahui kemampuan para siswa tentang tata cara berwudhu yang benar sesuai dengan tuntunan agama. Saat guru sudah merasa yakin bahwa siswa sudah paham dengan tata cara berwudhu yang sudah dijelaskan sebelumnya, guru kemudian mengajak siswa ke tempat wudhu untuk langsung mempraktikkan tata cara berwudhu secara perorangan.

Kegiatan ini berjalan dengan lancar, meskipun terdapat sedikit kendala, salah satunya para siswa yang masih bingung meletakkan niat wudhu dan beberapa siswa yang belum mahir menghafal doa setelah wudhu. Namun hal ini sudah diatasi secara bersama-sama.

“Menurut saya dengan mengikuti kegiatan praktik berwudhu ini, dapat menambah pengetahuan kita tentang tata cara berwudhu dengan benar, yang insya Allah akan saya praktikkan dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Maila Aziza, salah satu siswa yang ikut andil dalam melaksanakan kegiatan praktik wudhu.

Semoga seluruh siswa MAN Kota Lhokseumawe dapat mengaplikasikan pengetahuan yang diperoleh melalui kegiatan praktik wudhu ini dalam kehidupan sehari-hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.