Pembukaan MATSAMA Tahun Kedua di Tengah COVID-19

by -60 views

LHOKSEUMAWE (Salsabila, Zalfa Nur Alya) – MATSAMA atau di kenal dengan nama Madrasah Masa Ta’aruf Siswa merupakan kegiatan yang di laksanakan setiap tahun ajaran baru. Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari. Melalui kegiatan ini diharapkan para perserta dapat mengenal tata cara pembelajaran, khas, karakter, dan budaya di lingkungan madrasah.

MATSAMA tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya yaitu kondisi yang sudah memugkinkan untuk bertatap muka tidak lagi daring seperti tahun kemarin, dengan agenda yang berbeda pula.

Tahun ajaran baru di mulai pada tanggal 12 juli 2021. Kegiatan MATSAMA ini dilaksanakan selama 3 hari, yakni pada Senin, 12 juli 2021 hingga Rabu, 14 juli 2021.

Kegiatan yang dilakukan selama matsama berlangsung antara lain, yaitu pada hari pertama di lakukan pemberian materi mengenai madrasah, seperti tata tertib, etika, pergaulan sosial, pengenalan perpustakaan, serta penjelasan mengenai program wajib dan permintaan. Sedangkan pada hari kedua dilaksanakan 3 tes ( minat bakat, akademik, dan wawancara) untuk setiap murid baru dengan tujuan penentuan jurusan.

Dan pada hari ketiga di lakukan agenda agenda osim sepenuhnya, yaitu memperkenalkan madrasah melalui game yang di berikan panitia untuk mengetahui seberapa besar kerja sama mereka walau baru saling kenal,dan membangun kerukunan antar siswa. Hal itu disampaikan oleh salah satu anggota OSIM, Rara Gebrina.

Salah satu perserta menuturkan bahwa MATSAMA tahun ini berjalan dengan penuh semangat.

“Alhamdulillah MATSAMA ini berlangsung dengan menyenangkan dan tertib.”, ujarnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *