Pelaksanaan MATSAMA di Tengah Pandemi COVID-19, Acara Tetap Berlangsung Lancar

by -260 views

LHOKSEUMAWE (Mulia) – Masa Ta’aruf Siswa Madrasah atau yang lebih dikenal dengan nama MATSAMA merupakan agenda kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ajaran baru dan diperuntukkan bagi siswa/i baru baik di tingkat MI, Mts, dan MA. Kegiatan tersebut biasanya berlangsung selama tiga hari. Melalui MATSAMA, diharapkan para peserta dapat mengenal tata cara pembelajaran, ciri khas, karakter, dan budaya yang ada di lingkungan madrasah, sehingga akan mendukung berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar di madrasah pada masa selanjutnya.

Namun, pelaksanaan MATSAMA tahun ini mengalami beberapa perbedaan daripada tahun – tahun sebelumnya karena pengaruh dari covid – 19. Akibatnya, serangkaian pola kegiatan MATSAMA pun harus mengalami perubahan sesuai dengan standar protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Tahun ajaran baru dimulai pada tanggal 13 Juli 2020. Bersamaan dengan itu, MAN Kota Lhokseumawe mengadakan kegiatan MATSAMA selama dua hari, yakni pada Senin, 13 Juli 2020 hingga Selasa, 14 Juli 2020.

MATSAMA tahun ini diisi oleh beberapa agenda seperti tadarus bersama, shalat dhuha dan shalat dzuhur berjama’ah, beberapa game, serta penyampaian ceramah wawasan islami oleh Ustad Junaidi Ilyas S. Pd. I. Selain itu juga, pihak sekolah menyampaikan beberapa materi yang berkaitan dengan madrasah mulai dari teknis administrasi madrasah, pengenalan sarana dan prasarana sekolah, hingga kiat beretika dalam ruang lingkup sosial. Semua itu dilakukan agar peserta didik baru lebih mengenal lingkungan madrasah, baik itu lingkungan fisik maupun sosial sehingga tercipta hubungan kekeluargaan antarwarga madrasah.

“MATSAMA dibutuhkan untuk memperkenalkan program madrasah, tata cara administrasi, dan persiapan pembelajaran 2020/2021 baik secara tatap muka maupun Belajar dari Rumah ( BDR ). Matsama kali ini dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan pencegahan covid – 19 seperti pengecekan suhu tubuh dan pemakaian masker.” Tutur Wakamad Bidang Kesiswaan, Salman D.

“Alhamdulillah tidak ada kendala dalam pelaksanaan MATSAMA selama dua hari ini. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu berjalannya acara dengan baik.” Imbuhnya.

Salah satu peserta menuturkan bahwa MATSAMA tahun ini tetap menarik walaupun agendanya tidak banyak dikarenakan pengaruh covid – 19.

“Alhamdulillah pelaksanaan berlangsung menyenangkan, walaupun ada sedikit rasa jenuh dikarenakan sedikitnya agenda yang diiberikan. Tapi ada serunya, gamenya juga menarik.” Ujarnya.

Editor : Wasliyatul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *