Siswa MAN Kota Lhokseumawe Berhasil Raih Tujuh Juara Pada Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Kota/Kabupaten

LHOKSEUMAWE (Dina Qiswari) – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) yang digelar pada tanggal 06 Juli 2024 di Kota Lhokseumawe diikuti oleh berbagai siswa baik dari tingkat SD/MI, SMP/MTs maupun tingkat SMA/MA. KSM ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan ajang bergengsi untuk mencapai prestasi dan bakat siswa dalam bidang ilmu yang mencakup bidang studi Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Ekonomi dan lainnya.

Hasil wawancara yang dilakukan pada salah seorang peserta KSM yang memperoleh juara 1 bidang Biologi yakni Wathan Wirasta Monteski mengungkapkan keberhasilan ini ia peroleh berkat kegigihannya dalam mendalami materi yang relevan dan cara penyelesaian soal-soal yang sering muncul dalam kompetensi tersebut.

Begitu juga peserta KSM bidang Geografi yang meraih juara 1 yakni Raji Ifdhalul Ummam juga mengungkapkan, ”Selain tekun mengerjakan soal-soal dan mendalami materi, peran guru pembimbing sangat besar dalam membantu kami menyelesaikan soal-soal tersebut sehingga kami berhasil memperoleh juara 1 tingkat Kota Lhokseumawe dan kami juga akan bertanding di tingkat provinsi.”

Kompetisi ini merupakan suatu kebanggaan yang dapat mengharumkan nama madrasah juga mengharapkan semakin banyak prestasi yang dapat diraih oleh MAN Kota Lhokseumawe seperti yang diungkapkan oleh Kepala MAN Kota Lhokseumawe, Surya, S.Ag., M.Pd.

Selain menjadi juara 1 bidang Biologi dan Geografi terdapat juga siswa-siswi MAN Kota Lhokseumawe berhasil lolos dalam KSM tingkat Kota Lhokseumawe. Berikut siswa-siswi yang berhasil mendapat juara tingkat Kota Lhokseumawe yaitu:
1. Tasya Tursina, juara 2 KSM Bidang Fisika
2. Mauizah Ulya, juara 4 KSM Bidang Kimia
3. M. Nawfall Raisya N, juara 5 KSM Bidang Ekonomi
4. Zicky Fatahillah, juara 7 KSM Bidang Matematika
5. Muhammad Musayyar, Zulkhulaifah Rahmi, dan Muhammad Raiyan, juara 3 KSM Beregu