Manajemen Konflik dan Stress Selama Masa Pandemi COVID-19 Bagi Siswa Baru MAN Lhokseumawe

by -434 views

LHOKSEUMAWE (Wasliyatul Hasanah) – MAN Kota Lhokseumawe menggelar Tes Minat Bakat dan Psikoedukasi dengan tema ” Manajemen Konflik dan Stress Selama Masa Pandemi COVID- 19″ di aula sekolah tersebut pada Selasa, 25 Agustus 2020 – Rabu, 26 Agustus 2020.

Kegiatan yang dibimbing oleh guru Bimbingan Konseling Indah Pratiwi S. Pd. dan Yuliana S. Pd. ini diikuti oleh hampir seluruh siswa/i kelas X dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan seperti memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan berlangsung terpisah antara siswa dan siswi dimana para siswa mengikutinya pada Selasa, 25 Agustus 2020 dan siswi mengikuti kegiatan tersebut keesokan harinya, yakni pada 26 Agustus 2020.

“Kegiatan ini dilaksanakan untuk memotivasi serta meningkatkan semangat belajar siswa/i kelas X selama masa pandemi. Selain itu juga untuk melihat ragam minat dan bakat yang ada siswa/i agar kedepannya mereka dapat lebih mudah dalam menentukan jurusan kuliah.” Tutur Indah Pratiwi S, Pd selaku salah seorang guru Bimbingan Konseling MAN Lhokseumawe.

“Semenjak masa pandemi COVID-19 ini, para siswa/i baru belum pernah bertatap muka dengan guru dan berinteraksi secara optimal dengan teman-temannya sehingga tidak saling mengenal dengan baik. Kegiatan ini diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik serta para siswa/i dapat sekaligus mengutarakan pendapat, aspirasi dan keluh kesah selama masa pandemi.” Tambahnya

Kegiatan tersebut diisi dengan berbagai rangkaian tes seperti Rothwell Miller Interest Blank (RMIB), tes Myers Briggs Type Indicator (MBTI), pretest psikoedukasi, psikoedukasi, dan posttes psikoedukasi yang dipandu oleh seorang psikolog yang bernama Khairatun Nisak S. Psi.

“Ada penyampaian tentang konflik, bullying, stress, dan lain – lain juga. Sangat bermanfaat dan memperluas wawasan.” Ucap salah seorang sisw ketika diwawancarai.

Pengadaan kegiatan ini diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup individu agar menjadi lebih baik dalam mengatasi ragam masalah yang muncul sebagai respon dari suatu hal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *