MAN Lhokseumawe Raih Penghargaan Piagam MURI atas Prestasi Luar Biasa di Bidang Literasi

LHOKSEUMAWE (Najwa Mukhira) – Muri adalah salah satu lembaga swadaya masyarakat dengan konsistensi mencatatkan dan menganugerahkan rekor. Muri sendiri adalah singkatan dari “Museum Rekor – Dunia Indonesia”.

MAN Kota Lhokseumawe adalah salah satu madrasah yang memiliki keunggulan dalam menulis. Berkat keunggulan tersebut, MAN Kota Lhokseumawe berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) pada Rabu, 31 Mei 2023 atas partisipasi mereka dalam “Pelatihan Literasi kepada Guru dan Siswa di sekolah terbanyak” yang diselenggarakan oleh Nyalanesia. Penghargaan ini merupakan suatu pencapaian luar biasa yang mengalahkan suatu hal yang pernah didapatkan sebelumnya dan mencatat rekor baru di MAN Kota Lhokseumawe.

MAN kota Lhokseumawe mendaftarkan 100 karya siswa yaitu 50 cerpen dan 50 puisi buku antologi bertaraf nasional. Pada Januari 2023, MAN Kota Lhokseumawe berhasil menerbitkan 2 buku antologi yang berjudul 5 Detik (kumpulan cerpen) dan Kidung Kama (kumpulan puisi). Tak hanya siswa, guru pun ikut berpartisipasi dalam menulis puisi yang dibukukan bersama penulis guru lainnya se-Indonesia.

Atas penerbitan tersebut, MAN Kota Lhokseumawe masuk Kategori 50 Nominasi Sekolah Aktif Literasi Nasional dari Gerakan Sekolah Menulis Buku Nasional (GSMBN) yang diselenggarakan oleh Nyalanesia.
Nyalanesia juga memberikan penghargaan bagi 6 siswa yang terpilih menjadi duta literasi sekolah. Penghargaan ini diberikan berdasarkan hasil karya terbaik dari 100 karya siswa yang telah di bukukan.

Semoga dengan diterimanya piagam penghargaan MURI di bidang literasi ini, dapat menjadi sumber inspirasi dan motivasi bagi siswa untuk terus berprestasi dan mengembangkan bakat mereka. Mereka dapat melihat bahwa sekolah mereka diakui secara nasional karena prestasi mereka, dan ini dapat mendorong semangat belajar dan partisipasi aktif dalam kegiatan sekolah.


Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *