MAN Kota Lhokseumawe Ikut Serta dalam Sosialisasi yang Diselengarakan oleh Balai Besar POM di Banda Aceh

by -64 views

BANDA ACEH (Yuli Mulia Dinah) – ‘BBPOM Perkuat Generasi Muda Melalui Sosialisasi Keamanan Pangan Sekolah’, menjadi tema dan tujuan pelaksanaan sosialisasi BBPOM (Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan) yang dilaksanakan pada hari Selasa (15/03) di Hotel Grand Nanggroe, Banda Aceh.

MAN Kota Lhokseumawe mengirim dua siswanya dalam sosialisasi yang dilaksanakan oleh BBPOM setelah menerima surat undangan yang dikirim keempat Kab/Kota dengan keseluruhan sekolah yang diundang yakni 25 sekolah, diantaranya 13 sekolah dari Kota Banda Aceh, dan 4 sekolah dari Kabupaten Pidie Jaya, Kota Lhokseumawe, dan Kabupaten Aceh Utara. Setiap sekolah mengharuskan mengirim sepasang siswa yang ditemani oleh seorang guru pembina.

Sebelum acara sosialisasi dimulai, setiap sekolah melaksanakan registrasi terlebih dahulu dan setelahnya dapat mengikuti serangkaian acara yang dimulai dengan pembukaan atau kata sambutan oleh Kepala BBPOM. Dilanjutkan dengan penyampaian materi mengenai tata cara mengenal, memilih, dan tips konsumsi pangan aman dengan memperhatikan nilai gizi. Serangkaian acara dijeda untuk ISHOMA (Istirahat Salat Makan). Kegiatan dilanjutkan dengan demo penggunaan tes kit bahan berbahaya, edukasi pemahaman ulang tangga keamanan pangan yang diisi oleh post test dan game, dan diakhiri dengan penutupan.

Pelaksanaan sosialisasi yang diselenggarakan oleh BBPOM diikuti dengan penuh semangat oleh seluruh siswa dan guru. Hal ini terlihat dengan banyaknya siswa yang mengacungkan tangan dalam bertanya dan menjadi relawan dalam kegiatan demo penggunaan tes kit bahan berbahaya.

Miranda, S.Sos sebagai pembina yang mewakili MAN Kota Lhokseumawe juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menjaga keamanan pangan sekolah yang dapat diaplikasikan di kantin atau koperasi siswa, serta dapat menjadi sebuah pematerian yang dapat diseminarkan kembali di sekolah masing-masing peserta. Terlebih MAN Kota Lhokseumawe terpilih menjadi sekolah dengan grade A bersama dengan 15 sekolah lainnya yang akan dibina selama satu tahun kedepan oleh BBPOM.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat dan sangat berkesan dengan penyampaian materi yang menyenangkan kami dapat mengenal tips dan trik pangan yang aman dikonsumsi. Terutama setelah mengenal pengujian bahan makanan yang berbahaya. Kami juga akan mecoba pengujian bahan berbahaya pada pangan terhadap jajanan atau makanan pada kantin sekolah kami sebagai langkah awal dalam mencegah pangan berbahaya di madrasah, serta mengimplementasikan hal-hal yang kami dapatkan dalam sosialisasi kepada siswa lainnya,” imbuh kedua peserta sosialisasi BBPOM yang mewakili MAN Kota Lhokseumawe.

Leave a Reply

Your email address will not be published.