Lagi, Siswi MAN Kota Lhokseumawe menangkan 2 Kompetisi sekaligus

by -93 views

Pelajar MAN Kota Lhokseumawe kembali mengukir prestasi membanggakan di dua ajang sekaligus, yakni Olimpiade Indonesia-Lhokseumawe Science Competition dan Olimpiade Astrofisika.
Dalam Olimpiade Indonesia, misalnya, kedua peserta menuturkan bahwa mereka tak menyangka akan mendapatkan medali dalam kompetisi ini dikarenakan persaingan yang cukup berat.

Masing – masing dari mereka berhasil memperebutkan satu medali perunggu dari cabang Olimpiade Fisika a.n Siti Maysarah dan Olimpiade Biologi a.n Putri Raihan.

Dikutip dari laman resmi Olimpiade Indonesia, materi soal yang diperlombakan memiliki tingkat kesulitan yang setara dengan olimpiade tingkat nasional, sehingga para juara di Olimpiade Indonesia memiliki kualitas yang baik dan mampu bersaing dengan pelajar manapun di seluruh Indonesia. Selain itu, pembahasan soal yang diperlombakan langsung di posting pada malam harinya setelah kompetisi dan nama pemenang diumumkan pada tanggal 18 September 2019.

“Kami melakukan proses perlombaan sesuai dengan prosedur, mulai pra-kompetisi, kompetisi dan pasca kompetisi. Disana kami tidak hanya melawan satu dua orang, tetapi ada ratusan peserta yang menjadi saingan kami. Setelah menyelesaikan soal olimpiade, kami diarahkan untuk mengikuti seminar ‘tips dan trik lulus SNMPTN, SBMPTN dan beasiswa luar negeri’. Sebenarnya para peserta memiliki peluang untuk melakukan kecurangan, tetapi disitulah letak kejujuran peserta. Karena tanpa kejujuran, sama saja kita telah memperburuk citra sebagai seorang pemenang.”, ujar Putri Raihan dan Siti Maysarah, kedua peserta yang berasal dari kelas yang sama, yakni kelas XII – MIA 4.

Pembagian medali Olimpiade Indonesia dilakukan bersamaan dengan pembagian piala Olimpiade Astrofisika yang diraih oleh Wasliyatul Hasanah (XI – MIA 4) pada Senin (21/10) di lapangan upacara. Wasliyatul Hasanah mendapatkan juara harapan 1 pada Olimpiade Astrofisika yang dilaksanakan oleh Fakultas Syariah Jurusan Ilmu Falak IAIN Lhokseumawe beberapa waktu yang lalu.

Dikutip dari pernyataan pembimbing olimpiade, Bapak Andika Triwidada, S. Pd, kegiatan olimpiade astrofisika sangat bagus untuk mengasah kemampuan peserta didik dalam bidang sains geoastrofisika, harapan kedepan pihak penyelenggara menyampaikan secara terperinci indikator kompetensi dari astrofisika, sehingga dapat membantu pengayaan materi kepada peserta didik yang mengikuti perlombaan dan juga sebagai acuan program pengembangan dan penjaringan bakat peserta didik di bidang astrofisika.

  • Kegiatan astrofisika sangat baik untuk mengembangkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan peserta didik pada bidang astrofisika. Pada kegiatan ini juga bisa diperkaya dengan pengetahuan dan keterampilan peserta didik dengan menerima pemaparan materi dari pihak penyelenggara, terkait astrofisika islam dan perkembangannya. Harapan beliau kedepannya sebagai pembimbing dapat membentuk komunitas astrofiska muslim berbasis sekolah dengan diperkaya pengetahuan kearifan lokal terkait bidang astrofisika, dan untuk meraih prestasi yang lebih baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *