Health Campaign: Seminar oleh BEM Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh dalam Ruang Lingkup Kesehatan Mental

LHOKSEUMAWE (Ghina Kamila) – Pada Sabtu, 22 Oktober 2022, Departemen Pengabdian Masyarakat BEM Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh mengadakan kegiatan seminar bersama siswa kelas XII di Aula MAN Kota Lhokseumawe. Seminar dengan tema ‘Health Campaign’ ini dilangsungkan guna memperingati Hari Kesehatan Mental Sedunia.

Di awal acara, kata sambutan disampaikan oleh ketua pelaksana seminar dan BEM Fakultas Kedokteran Universitas Malikussaleh. Selain itu, Waka Kesiswaan MAN Kota Lhokseumawe, Fadlullah, S.Pd., juga turut memberikan apresiasi serta dukungan besar akan seminar yang akan berjalan ini.

Pemateri seminar disampaikan langsung oleh dokter sekaligus dosen Universitas Malikussaleh, dr. Nora Maulina, M. Biomed., AIFO-K. Dengan mengangkat judul “Mind Your Mind to Stop Your Anxiety”, diharapkan siswa dapat menyadari bahwa kecemasan merupakan salah satu gangguan mental yang dirasa cukup sering terjadi di kalangan manapun, termasuk remaja.

dr. Nora juga menyampaikan bahwa salah satu alasan siswa mudah merasa cemas diakibatkan oleh faktor lingkungan. “Don’t self diagnose, it doesn’t cure your mental illness,” ungkapnya. Beliau berharap siswa yang merupakan generasi emas bagi masa mendatang dapat mengontrol rasa cemasnya dan berdamai dengan diri sendiri.

Setelah pemateri selesai memaparkan seminar, siswa diarahkan untuk melakukan tes kesehatan, yaitu tensi darah dan pemberian vitamin C kepada siswa. Agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat kepada pemateri, moderator, dan MAN Kota Lhokseumawe. Kemudian, dilakukannya agenda ice breaking selama satu jam untuk meningkatkan semangat para siswa.

Di era globalisasi yang mana kesehatan mental dianggap cukup penting dalam kehidupan manusia, melalui seminar ini, semoga para siswa dapat memberikan ruang lebih terhadap diri sendiri dan mengontrol rasa cemasnya dalam menyikapi permasalahan dan tantangan dalam belajar.