Gelora Semangat Siswa MAN Kota Lhokseumawe dalam Melaksanakan Kegiatan Praktik Shalat Jenazah

by -72 views

LHOKSEUMAWE (Maila Aziza) – Siswa MAN Kota Lhokseumawe kelas X dan XI melakukan salah satu kegiatan praktik kewajiban terhadap jenazah, yaitu materi tentang tata cara shalat jenazah pada Sabtu (18/04) di Mushalla MAN Kota Lhokseumawe.

Pelaksanaan kegiatan praktik shalat jenazah ini bertujuan agar para siswa lebih memahami dan menguasai tentang konsep tata cara shalat jenazah dari posisi berdiri, niat, urutan pembacaan Surah Al-Fatihah, Shalawat Rasul, serta doa pada takbir ketiga dan keempat. Siswa diajarkan langsung bacaannya sesuai dengan makhraj dan tajwid yang benar, serta untuk mengetahui perbedaan lafadz bacaan pada shalat jenazah bagi laki-laki dan perempuan. Dan untuk pemantapan, siswa diminta untuk mempraktikkan kembali pada setiap kelompok berdasarkan kelasnya masing-masing.

Pada pelaksanaan praktik shalat jenazah, kelompok dibagi menjadi dua bagian, kelompok pertama khusus siswa laki-laki dan kelompok kedua khusus perempuan.

Guru pembimbing kegiatan praktik shalat jenazah, Rohaya, S.Pd.I menuturkan penting dan perlunya siswa mengetahui dan memahami lebih luas tentang prosedur dalam pelaksanaan shalat jenazah. “Tujuan utama dilaksanakan kegiatan ini adalah karena adanya kesempatan dan kesiapan psikis siswa di bulan yang mulia ini untuk mempelajari semua yang berhubungan dengan agama, jadi ini adalah moment berharga yang perlu dimanfaatkan. Kemudian hukum shalat jenazah ini merupakan fardhu kifayah, jadi diharapkan agar siswa MAN Kota Lhokseumawe yang notabennya bersekolah di madrasah, mampu melaksanakan shalat jenazah jika ada keluarga atau masyarakat di sekitarnya yang meninggal,” tutur Rohaya, S.Pd.I.

Rohaya, S.Pd.I juga mengatakan bahwa dengan praktik langsung, materi pembelajaran tersebut tentu membuat siswa lebih terfokus karena mengalami langsung dengan nyata dan tentunya materi tentang shalat jenazah ini dapat terserap lebih efektiktif dan efisien.

Cut Fadheela Azzahra, salah seorang siswa yang ikut mempraktikkan tata cara shalat jenazah ini mengaku sangat senang dengan adanya praktik tersebut. ”Hal tersebut dapat menambah pengetahuan kami tentang pelaksanaan shalat jenazah dan insya Allah akan dipraktikkan langsung oleh siswa di tempat tinggalnya,” jelasnya.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, siswa MAN Kota Lhokseumawe semakin paham dan mampu untuk mengamalkan ajaran-ajaran Islam dengan utuh dan semakin bermanfaat untuk diri dan lingkungan nya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.