Demokrasi Dalam Pandemi : MAN Kota Lhokseumawe Suskseskan Pemilihan Ketua OSIM Melalui Pemilu

by -16 views

Senin (18/01) Madrasah Aliyah Negeri Kota Lhokseumawe menggelar pemilihan Ketua Osis Periode 2020/2021. Meskipun pandemi masih berlangsung, pemilihan tetap dilanjutkan dengan memberlakukan protokol kesehatan.

Adapun Kandidat yang mencalonkan diri sebagi Ketua Osim MAN Kota Lhokseumawe yaitu Alwi Mauliza dan Rayyan Ariza (XI Mia 5) sebagai paslon no.1 serta Muhammad Fatahul dan Haykal Syahputra(XI Mia 2) sebagai paslon no.2.

” Sebelumnya Kegiatan pemilihan ketua OSIM diawali penjaringan calon, seleksi, debat kandidat, pemaparan visi misi dan terkahir proses pemilihan” tutur Fadlullah Ali, selaku waka kesiswaan madrasah.

Pilkasim (Pemilihan Ketua Osim) tahun ini dilakukan dengan voting suara seperti pemilu pada umumnya, tidak seperti tahun lalu berbasis elektronik mengingat pemilihan osim baru sudah mendesak, dikarenakan osim sebelumnya sudah 1 setengah tahun menjabat dan banyak pengurus yang akan tamat sekolah.

Berkaca dengan kondisi pandemi, panitia KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara) Madrasah memutuskan untuk membawa surat suara ke setiap ruangan kelas belajar.

Wasliyatul Hasanah selaku wakil ketua osim II menjelaskan tata cara pencoblosan,
” Cara pencoblosan nya itu, Siswa/i hanya menerima surat suara yang dibagikan panitia lalu melakukan pencoblosan. Setelah mencoblos, siswa melipat surat suara seperti semula. Selanjutnya, surat suara dimasukan ke kotak suara yang dibawa oleh panitia KPPS madrasah” Pungkasnya.

Kegiatan Pilkasim seperti ini menjadi agenda rutin madrasah setiap tahunnya, dengan tujuan memberikan pendidikan demokrasi dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang tahapan dalam Pemilu. Melalui pemilihan ini maka semua siswa akan terlibat dalam pesta demokrasi tingkat sekolah.

Pemilihan ketua osim berlangsung dengan lancar tanpa ada kendala apapun. Usai pemungutan suara, suara tersebut alan dihitung dihadapan para saksi yang merupakan perwakilan setiap kelas baik kelas 10, 11, atau 12.

” Ketua yang terpilih adalah pilihan terbaik bagi MAN kita lhokseumawe, harapan saya pengurus baru dapat membawa wajah baru bagi madrasah. Melahirkan semangat dan mengembangkan program program kreatif yang bermanfaat tentunya bagi madrasah dan seluruh warga MAN Kota Lhokseumawe baik dalam prestasi, kreatifitas dan berakhlak mulia ” jelas Fadlullah Ali. ( Rara ).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *