Antusias Siswa MAN Kota Lhokseumawe dalam Mengikuti Tausiah Ramadhan bersama Ustad Junaidi Ilyas, S.Pd.I

by -206 views

LHOKSEUMAWE (Ghina Kamila) – Sesuai dengan peraturan dari Kemendikbud, sekolah dengan pembelajaran tatap muka tetap dibuka pada Ramadhan tahun 2022 ini. Kegiatan sekolah yang berlangsung mulai 11 s.d. 23 April 2022 ini bukanlah kegiatan belajar mengajar seperti halnya sekolah diluar bulan Ramadhan, melainkan semacam pesantren kilat dengan agenda kegiatan tahfidz dan tahsin, kerajinan tangan, permainan game, serta tausiah Ramadhan.

Pada Kamis (14/04), terjadwalnya agenda tausiah Ramadhan yang diadakan di Mushalla MAN Kota Lhokseumawe yang disampaikan oleh Ustad Junaidi Ilyas, S.Pd.I, salah seorang ustad ternama di Kota Lhokseumawe. Tausiah ini berlangsung setelah siswa selesai melaksanakan shalat Dhuha. Dalam tausiah tersebut, Ustad Junaidi Ilyas, S. Pd.I, memberi nasihat dengan judul “Bagaimana Menjadi Manusia Muslim yang Diinginkan oleh Allah dan Agama”.

Tak hanya dari kalangan siswa, guru dan seluruh warga madrasah turut mendengarkan tausiah dengan semangat yang luar biasa. Dengan kepribadian Ustad Junaidi Ilyas, S.Pd.I, yang humoris, menarik perhatian siswa dan warga madrasah untuk mendengar tausiah dengan penuh khidmat.

Ustad Junaidi Ilyas, S.Pd.I, menjelaskan perumpamaan tentang kebenaran dan kebatilan yang dijelaskan dalam QS. Ibrahim {14}: 24-25. Allah Swt telah membuat perumpamaan manusia yang diinginkan surga adalah seperti sebatang pohon. Yaitu pohon yang akarnya kuat mencekram jauh ke dalam tanah, artinya manusia harus memiliki akidah dan ilmu tauhid yang kuat, guna terhindar dari godaan dunia yang bisa menyebabkan seseorang menjadi murtad. Perumpaan selanjutnya seperti pohon yang cabangnya menjulang tinggi sampai ke langit, artinya manusia beribadah kepada Allah Swt. Manusia wajib melaksanakan 5 perkara Rukun Islam, lalu menutupi kekurangan ibadah dengan perkara lain yang hukumnya sunah. Dan pohon yang menghasilkan buah untuk orang lain, artinya manusia memiliki akhlak mulia sehingga ia akan memberikan manfaat kepada orang disekitarnya. Akhlak menentukan masa depan, jika manusia berakhlak baik, maka doa-doa baik orang lain akan datang kepada manusia tersebut.

Semoga dengan diadakannya tausiah Ramadhan ini siswa MAN Kota Lhokseumawe juga seluruh warga madrasah dapat berlomba-lomba untuk pribadi yang lebih baik dengan berusaha menjadi muslim yang kuat iman dan akidahnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.