Raih Beasiswa di Nantong College of Science and Technology, China, Afdhaliatun Nisah Menjadi Salah Satu Perwakilan Aceh

by -236 views

LHOKSEUMAWE (Alya Nadila) – Pembelajaran kelas XII tahun ajaran 2021/2022 telah berakhir. Kini, mereka akan menentukan masa depannya. Ingin kuliah atau kerja, pastinya sesuatu baik yang telah mereka rencanakan. Beberapa siswa MAN Kota Lhokseumawe kelas XII angkatan tahun 2022 telah meraih pengumuman SNMPTN untuk melanjutkan kuliah, pun dari mereka akan menunggu SPAN-PTKIN, SBMPTN, UM-PTKIN, dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan Afdhaliatun Nisah, siswa yang akrab disapa dengan nama Lia ini juga mempunyai suatu hal telah diimpikannya sejak kecil, yaitu melanjutkan pendidikannya untuk kuliah di luar negeri. Terinspirasi dari sanak saudara keluarganya yang tinggal di Malaysia, ia ingin mencoba dan mencari hal baru dari segala sisi. Lia terus mencari informasi dan ilmu-ilmu terkait beasiswa kuliah di luar negeri.

Akun instagram halobeasiswa membuka forum untuk siswa yang ingin melanjutkan kuliahnya di luar negeri. Dari sini pula, Lia mewujudkan impiannya. Setelah mendaftar, mengumpulkan berkas, dan wawancara, sekitar sebulan kedepan dari pendaftaran akan diumumkannya siapa yang berhak menjadi penerima beasiswa tersebut. Lia berhasil menjadi salah satu perwakilan Aceh yang menerima beasiswa untuk berkuliah di Nantong College of Science and Technology, China, jurusan bisnis (E-commerce).

China bukanlah satu-satunya negara pilihan Lia untuk mengambil beasiswa di luar negeri. Banyak negara yang menjadi tujuannya untuk berkuliah di luar negeri, seperti Malaysia, Rusia, Korea Selatan, dan Amerika. Salah satu negara yang ia coba untuk mendaftar beasiswa adalah Rumania, dan beberapa negara lainnya. China menjadi pilihan terakhirnya untuk mendapat beasiswa kuliah ke luar negeri. Menurutnya, China menjadi tantangan baru bagi dirinya agar kedisiplinannya lebih terbentuk.

Banyak pembelajaran dan pengalaman yang telah Lia dapatkan dari program beasiswa ini. Baik program beasiswa yang diselenggarakan oleh akun instagram halobeasiswa, website-website, juga dari kampus-kampus tertentu. Lia ingin perubahan dari dirinya, “Hal sekecil apapun harus diperhatikan. Karena, terkadang disitulah kita terjerat,” tuturnya.

Lia memiliki harapan untuk seluruh siswa MAN Kota Lhokseumawe dan adik-adik kelasnya, “Teruslah belajar dengan ikhlas dan menikmati setiap prosesnya. Tak lupa untuk menyukai apa yang membuat kita sulit, agar hal yang sulit itu dapat mudah dijalani. Tetaplah menjadi diri sendiri.”

Semoga kita dapat terinsipirasi dari pengalaman Lia agar terus mengasah bakat dan kemampuan kita untuk belajar dari sekarang, tak lupa untuk menikmati setiap proses dan mengambil pelajaran dalam setiap langkah.

Leave a Reply

Your email address will not be published.